Minggu, 15 Mei 2011

8th Anniversary Indonesian Star Trek community

Minggu, 15 Mei 2011.. Museum Mandiri yang terletak di Jl.Stasiun Kota no.1 (terletak seberang Stasiun Kota) terlihat sejak pagi dan menjelang siang semakin banyak orang datang berkunjung melihat-lihat event pameran World Book Day yang digelar sejak hari Jumat, 13 Mei sampai dengan 15 Mei 2011.

Namun di sebuah sudut ruangan museum di Lantai 1, tepatnya di Ruang Penghargaan – Museum Mandiri, terlihat suasana kesibukan yang berbeda. Sisi ruangan yang biasanya sepi dari kegiatan dan pengunjung ini sekarang terlihat kesibukan yang unik, mereka adalah para “Starfleet officer Indonesia” yang tergabung dalam komunitas Indo Star Trek, sedang mempersiapkan acara gathering.

Jam menunjukkan pukul 11.00 wib, di sebuah ruangan “ready room” yang terletak disamping aula Ruang Penghargaan, terlihat laptop, printer, kertas, buku-buku, merchandise dan alat-alat pameran berserakan. Commander Hilmy, Bowo dan Manto sedang memasang-masang banner, merapihkan barang-barang, dan Ensign Daniel terlihat sibuk membantu memberi stempel di kertas tempel yang akan digunakan untuk tanda pengenal dada bagi Panitya dan para peserta. Salah seorang peserta dari komunitas Indo Star Trek bernama Kukuh dan anaknya yang berumur 20 bulan terlihat asik mengamati dan membantu-bantu persiapan acara gathering tersebut. Admiral Berthold datang bersama dengan Captain Hadi ikut membantu persiapan acara.

Menjelang tengah siang, terlihat beberapa anggota komunitas Indo Star Trek berdatangan satu persatu mulai membantu persiapan acara gathering. Acara siang itu akan dimulai pukul 14.00 wib dinamakan Gathering Peringatan 8 tahun (Sewindu) mailing list Indo Star Trek, dan 5 (Lima) Tahun First Contact Day.

Acara First Contact Day ini merupakan salah satu tonggak sejarah penting dalam Komunitas Indo Star Trek, karena di tahun 2006 para anggota Komunitas Mailing List Indo Star Trek bertemu copy darat pertama kalinya, dan sejak saat itu banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Indo Star Trek semakin berkembang.

Tepat pukul 14.00 wib, dimulailah acara yang telah ditunggu-tunggu, puluhan anggota Komunitas Indo Star Trek berkumpul di aula ruang Penghargaan untuk bersama-sama memulai acara Gathering ini. Terlihat beberapa pengunjung museum yang ingin tahu mengenai kegiatan ini ikut hadir untuk melihat dan mengetahui acara apa yang sedang berlangsung.

Acara Gathering dibuka dengan Opening Ceremony, MC Bowo menyambut para tamu yang telah datang, menerangkan mengenai perihal acara dan schedule acara yang akan dilaksanakan pada siang sampai sore hari. Acara menjadi semakin meriah, ketika terlihat ada dua orang Trekker dari luar negeri, pasangan bernama George dan Gian yang ikut memeriahkan acara ini. Gian terlihat sangat excited mengenakan seragam TNG-nya dan berbaur dengan para anggota Komunitas Indo Star Trek yang mengenakan uniform yang beragam, mulai dari era The Original Series (Admiral Berthold mengenakan seragam dari movie The Wrath of Khan), The Next Generations, maupun sampai seragam era Captain Data (comic Countdown). Seorang peserta utusan dari Starbase Solo – Jogja yaitu Dithamine Mochi ikut hadir di Jakarta untuk meramaikan acara ini.

Setelah selesai pembukaan dan sambutan, acara dimulai dengan pemutaran cuplikan Fans Film STAR TREK: PHOENIX. Setelah cuplikan film yang disambut antusias oleh para peserta Gathering, acara semakin dimeriahkan oleh pemutaran cuplikan rekaman Quiz Super Family - Pertandingan antara Star Trek V.S. Star Wars di AN-TV. Semua penonton berteriak girang dan bertepuk tangan ketika Team Star Trek muncul di lokasi Kuiz dengan cara beam-down dan masing-2 menepuk Commbadge mereka saat telah ‘mendarat’ di lokasi shooting. Acara semakin marak dan meriah, ketika Games / permaian dimulai dengan dipandu oleh Commander Manto.

Acara dilanjutkan dengan acara ramah tamah dengan sajian makan siang dari Hoka-Hoka Bento, para peserta menikmati sajian makan siang sambil menikmati rekaman Quiz Super Family - Pertandingan antara Star Trek V.S. Star Wars. Para peserta terlihat terus berdatangan, dan acara puncak dari Gathering itu adalah pemotongan kue ulang tahun Indo Star Trek. Kue tart ini sangat unik karena dibagian atasnya terlihat print gambar Pesawat USS Enterprise, dan tulisan Gathering 8 Thn Milist Indo-Star Trek dan 5 Tahun peringatan First Contact Day.

Dalam kesempatan ini Commander Manto juga menyampaikan mengenai Treklife, dan juga pengumuman mengenai rencana project pembuatan Buku Kumpulan Cerpen Fiksi Ilmiah yang kedua, yang rencana penerbitannya nanti untuk menyambut film Star Trek ke XII di tahun 2012. Semoga saja tidak ada kendala dan halangan bagi film tersebut untuk masuk ke Indonesia.

Para peserta juga larut dalam kegembiraan bertemu dengan teman-teman lama, mereka terlihat sangat asik berbincang-bincang serta melihat-lihat koleksi Star Trek yang dipamerkan. Dalam kesempatan ini peserta juga berkesempatan membeli merchandise Indo Star Trek dan ada pula yang melayani interview para wartawan dari Antara News, Suara Pembaruan, serta dari Metro TV. Kepada para wartawan, anggota komunitas Indo Star Trek juga menyampaikan aspirasi dan harapannya, agar pengelola TV di Indonesia memperhatikan tayangan yang berkualitas bagi para penonton TV di Tanah Air. Komunitas Indo Star Trek berharap agar para pengelola Stasiun TV dapat memutar film-film Star Trek kembali, baik TOS, TNG, Voyager, DS-9 maupun Enterprise.

Setelah acara pemotongan kue, acara Gathering ditutup dengan sesi Foto Bersama. Terlihat warna warni uniform Star Trek yang dikenakan oleh para peserta mengingatkan kita kepada foto-foto Bridge Officers pada Film-Film Serial TV Star Trek.

Tidak terasa jam telah mencapai pukul 16.00 wib, dimana para Panitya World Book Day telah mengingatkan bahwa batas waktu penggunaan ruangan telah hampir selesai. Para peserta terlihat masih sangat asik bercengkerama satu sama lain dan melepas kangen karena lama tidak bertemu satu sama lain.

Acara ditutup dengan pengumuman mengenai adanya suatu rencana “Costume Day” yang akan diumumkan oleh Commander Eri dalam waktu dekat, bila tidak ada halangan semoga dapat dilaksanakan di bulan Juni 2011 ini. Saat ini beberapa pengurus juga sedang berusaha melakukan pendekatan kepada perusahaan besar yang diharapkan berkenan untuk menjadi sponsor kegiatan seperti mini-convention Star Trek Indonesia ataupun acara Nonton Bersama film STAR TREK XII di tahun 2012. Peran serta aktif dari para pencinta Star Trek di Indonesia untuk terus bersama-sama mengadakan kegiatan-kegiatan komunitas ini sangat diharapkan. Seluruh pencinta Star Trek diharapkan terus menerus menyuarakan dan menerapkan filosofi dan nilai luhur dalam kisah-kisah Star Trek antara lain seperti pemanfaatan IPTEK untuk kesejahteraan manusia, peran serta aktif dalam menjaga perdamaian, pelestarian sumber daya alam, hewan dan lingkungan hidup, anti peperangan, pluralisme, persaudaraan universal, persatuan dan sinergi dalam keberagaman dan perbedaan.

Dirgahayu komunitas Indo Star Trek! …































3 komentar:

  1. Bagus banget nih tulisannya, Bowo! saya pakai untuk laporan di website ya!

    BalasHapus
  2. kuenya terlihat bagus, enak gak?
    gak sempet ngambil waktu kemaren :p

    BalasHapus
  3. Silahkan di share di website Indo Star Trek. Live Long and Prosper

    BalasHapus