Minggu, 06 Februari 2011

STAR TREK menang melawan STAR WARS


Star Trek menang melawan Star Wars. Begitu "tweet" di kalangan penggemar Star Trek di Indonesia. Ya, tim Star Trek memang baru saja menang melawan tim Star Wars dalam kuis Super Family, salah satu tayangan kuis menarik di ANTV. Saat syuting kuis itu di Studio Nusantara 2, Jl. DI Panjaitan (ByPass), Jakarta Timur, pada 3 Februari 2011, Star Trek dipimpin kapten tim artis Ferry Maryadi menang dengan skor 477 - 88 melawan Star Wars yang dipimpin kapten tim artis Kiki Rizky.

Bermula adalah Akhmad "Pompom" Hersapto, penggiat di komunitas Indonesian Star Trek (IST) yang juga di komunitas Order 66 SITH (Star Wars), yang mendapat info dari Fremantle Media, untuk tampil dalam tayangan kuis Super Family. Maka awal Januari lalu, satu tim Star Trek yang terdiri dari saya sebagai kapten tim, Doan, Hilmy, dan Yoki, beserta dua tim dari Star Wars datang ke gedung Fremantle Media di kawasan Jalan Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Di sana kami ikut audisi bersama sejumlah tim lainnya. Seru juga, walaupun cuma audisi kami, tim Star Trek dan tim Star Wars, tampil lengkap dengan kostum masing-masing.

Begitulah, sekitar dua minggu lalu, Mbak Nia dari Fremantle Media memberitahu bahwa tim Star Trek akan diadu melawan tim Star Wars dalam kuis Super Family. Tapi ada perubahan, dari tiap tim hanya diambil tiga orang, sedangkan kapten tim dipilih dari selebritis, yaitu para artis. Menurut Mbak Nia, pihak Fremantle Media telah memutuskan bahwa tim Star Trek yang dipilih adalah saya, Hilmy, dan Yoki.

Untuk tim Star Trek, tadinya direncanakan akan dipimpin oleh kapten tim pemusik Armand Maulana. Tapi, mungkin karena kesibukannya, akhirnya yang menjadi kapten tim adalah artis sinetron Ferry Maryadi.

"Mas, nanti untuk Ferry tolong dipinjamkan kostum ya?" ujar Mbak Nia.

"Beres, Mbak," balas saya sambil menyiapkan kostum untuk tampil, karena kebetulan saya punya tiga kostum Star Trek, satu kostum Voyager, satu kostum The Next Generation (TNG), dan satu lagi kostum The Wrath of Khan (TWoK).

Tanggal 3 Februari 2011, bertepatan dengan Hari Raya Imlek, sejak pukul 12.00 WIB, saya telah ada di Studio Nusantara 2, karena memang oleh Mbak Nia diminta sudah harus ada di sana sejak jam tersebut. Belakangan, muncul pula Yoki, lalu Doan yang walaupun tak terpilih ikut namun tetap semangat mendukung tim Star Trek, dan terakhir Hilmy. Tim Star Wars juga telah ada di sana.

Ternyata hari itu dilakukan syuting untuk tiga episode kuis Super Family, yang semuanya bertema angkasa luar. Pertama, tim Apollo melawan tim Discovery. Kemudian tim Alien melawan tim Alien Hunter, dan terakhir tim Star Trek melawan tim Star Wars.

Ferry Maryadi dan juga Kiki Rizky pun telah hadir. Kami semua dibersihkan wajahnya. Ferry memilih menggunakan kostum TNG milik saya. Sedangkan saya sendiri menggunakan kostum TWoK, yang merupakan kostum terbaru milik saya.

Sempat ketinggalan 0 - 45, Ferry Maryadi membalikkan posisi menjadi 55 - 45 di akhir babak awal. Kemudian Star Trek terus meninggalkan Star Wars, dan akhirnya menang mutlak 477 - 88. Untuk sementara tim Star Trek mendapat Rp 3 juta, karena jumlah poin yang dibutuhkan untuk lolos ke babak jackpot hanyalah 300 poin dan setiap poin dihargai Rp 10.000.

Star Trek pun maju ke babak jackpot. Sebenarnya yang maju ke babak jackpot tadinya ditentukan oleh pihak ANTV adalah kapten tim dan pemain nomor 4 yaitu Hilmy. Tetapi akhirnya Hilmy menyerahkan pada saya.

Di babak jackpot, dengan waktu 15 detik untuk lima pertanyaan, saya hanya berhasil mendapat 39 poin. Untung Ferry kembali bermain gemilang dan menambah 96 poin, sehingga total di babak jackpot, tim Star Trek mendapat 135 poin. Walau demikian, jumlah itu belum cukup mencapai 200 poin untuk mendapat tambahan hadiah Rp 5 juta. Jadi di babak jackpot, tim Star Trek hanya mendapat 135 x Rp 10.000, yaitu Rp 1,35 juta.

Akhirnya, tim Star Trek mendapat hadiah Rp 3 juta ditambah Rp 1,35 juta atau totalnya Rp 4,35 juta. Begitulah, di akhir acara kami semua bergembira, termasuk berfoto bersama teman-teman Star Wars, yang walaupun bersaing di kuis, namun tetap sahabat sesama pencinta film dan kisah-kisah fiksi ilmiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar